Rumah Rangka Baja Ringan

Rumah Prefab atau yang populernya sering di sebut Rumah Rangka Baja Ringan memiliki sejumlah kelebihan dibanding rangka kayu. Yakni, nilai muai dan susutnya sangat kecil, tidak cepat berubah meskipun terkena panas dan dingin. Berbeda dengan kayu yang gampang lapuk jika terkena panas dan dingin. Dengan baja ringan, pemilik bangunan tidak perlu memikirkan biaya perawatan pada tahun-tahun berikutnya. Selain itu, bobot rangka baja sangat ringan dibanding kayu. Itu berarti beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah, sehingga strukturnya lebih irit.Bayangkan jika Anda memiliki rumah yang megah, mahal, dengan furniture yang elegan, namun jika hujan datang harus disibukkan oleh atap rumah yang bocor. Bayangkan pula kalau tiba-tiba rangka atap rumah Anda tiba-tiba keropos dimakan rayap. Capek, melelahkan dan tentunya kemewahan rumah tak ada harganya lagi.


Perkembangan Rumah Prefab

Definisi rumah prefab di dunia sangat beragam. Di Amerika atau Canada rumah prefab lebih dikenal sebagai manufactured house yang bertumpu pada struktur baja, mengikuti mobile home atau caravan sebagai rumah dinamis yang menjadi pendahulu untuk hampir empat abad lamanya (sebutan lain adalah portable house prefab). Ini juga tidak lepas dari proses produksi manufactured house yang 85% di antaranya harus diselesaikan di dalam pabrik, atau masih dibedakan dengan modular house sebagai rumah prefab. Data tahun 1996, 24% konsumsi rumah baru di Amerika adalah rumah keluaran pabrik ini (3% di antaranya adalah rumah prefab moduler).

Kasus di Eropa (terutama negara-negara baltik) dan Jepang berbeda lagi. Rumah prefab hanya mempunyai satu definisi. Yaitu sebagai rumah dengan modul tertentu dan dibangun layaknya rumah biasa (dari satu lantai sampailow rise house). Bedanya adalah sebagian dari komponennya banyak yang diselesaikan di pabrik. Beberapa kalangan mengelompokkan pendefinisian ini ke dalam dwellhouse prefab dan telah menjadi bagian dari budaya berumah di negara-negara tersebut. Setelah perang dunia kedua, dengan banyaknya proyek rehabilitasi permukiman atau pembangunan massal, rumah prefab banyak menjadi pilihan karena kecepatan pembangunannya dan murah. Kayu banyak digunakan sebagai pilihan utama material bangunan karena sifat fleksibiltiasnya (menyangkut teknologi pada saat itu).

Dari kayu ini, saat ini material bangunan untuk rumah prefab sudah sangat beragam, seperti beton pracetak (precast concrete), baja ringan (light gauge-steel), kayu lapis (timber framed) dan beragam materi mutakhir lainnya. Dari produksi massal, saat ini masyarakat bisa memilih rumah-rumah prefab itu secara individu dengan hanya memilih disain di katalog atau ruang pamer (housing plaza) dan beberapa modifikasi yang dimungkinkan. Rumah akan berdiri dalam waktu pengerjaan (construction time) tak lebih dari sebulan setelah semua syarat (termasuk tanah tentunya) tersedia.

Rumah prefab, merupakan konsep rumah yang langsung jadi, dibuat di pabrik dan diantarkan ke lokasi untuk dipasang. Biasanya produksi akan berlangsung dalam pabrik selama beberapa waktu, seperti pada contoh ini dibuat di pabrik selama 2 bulan dan dipasang di lahan dalam waktu satu hari. Artikel ini merupakan review untuk sebuah rumah sistem prefab dan juga pemasangannya.

Rumah prefab, merupakan konsep rumah yang langsung jadi, dibuat di pabrik dan diantarkan ke lokasi untuk dipasang. Biasanya produksi akan berlangsung dalam pabrik selama beberapa waktu, seperti pada contoh ini dibuat di pabrik selama 2 bulan dan dipasang di lahan dalam waktu satu hari. Artikel ini merupakan review untuk sebuah rumah sistem prefab dan juga pemasangannya.
Denah rumah prefab yang cukup sederhana terdiri dari 3 ruang yaitu kamar tidur, ruang serbaguna dan sebuah kamar mandi. Rumah dibawa dari pabrik ke lahan dengan menggunakan truk kontainer. 


"Sedikit Mengulas perusahaan yang menyediakan Rumah Prefab atau Rumah Baja Ringan Yaitu Salah Satunya Perusahaan PT. JAINDO METAL INDUSTRIES
Berdiri pada Desember 1977 dengan nama PT. DJASA METAL WORKS. Pada bulan Maret 1981 nama perusahaan berubah menjadi
PT. JAINDO METAL INDUSTRIES, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 227, Bandung. Bergerak dalam industri bahan bangunan yang terbuat dari baja ringan, seperti komponen billboard, curtain rail, corrugated alumunium roof sheet dan lain-lain.
Seiring dengan perkembangan tuntutan industri properti di Indonesia, perusahaan kemudian memfokuskan usahanya pada produk rangka bangunan yang terbuat dari baja ringan, seperti rangka partisi, rangka plafon, rangka atap, rangka lantai dan rangka rumah prefab dengan merk dagang JSTEEL."

Mengapa anda masih sudi buat rumah dengan bata (teknologi jaman firaun Mesir sejak proyek piramid) bom waktu maut ketika gempa, dan bukannya sistem bangunan terkini super kokoh dan berinsulasi thermal dan akustik unggul?